Selasa, 03 April 2012

TES POWER SUPPLY

Salah satu penyebab komputer mati total (tidak bisa dihidupkan) adalah kerusakan pada power supply (PSU, Power Suplly Unit). Power supply dapat diibaratkan sebagai jantungya komputer anda. karena itu jiak power supply gagal berfungsi maka komputer juga tidak akan hidup. Penyebab lain adalah kerusakan motherboard atau processor.

Untuk memastikan apakah memang power supply yang rusak, tidak ada salahnya untuk melakukan test sederhana. Cara ini juga efektif untuk mengurangi resiko dijahili teknisi nakal yang seenaknya mengklaim rusaknya power supply dengan mengharapkan keuntungan dari penjualan power supply di tokonya plus mengambil uang jasa servis. (hayoo...)

Berikut adalah langkah-langkah melakukan test pada power supply:
  1. Setelah membuka casing, lepaskan semua konektor dari power supply yang menancap di mainboard dan yang tersambung ke drive, kipas dan lain-lain, cabut dan lepaskan semuanya. Jika anda awam, tidak ada salahnya mulai belajar, misalnya dengan memberi label atau tanda dimana konektor-konektor tadi terpasang, tidak semuanya harus dikerjakan orang lain, bukan?
  2. Anda bisa melakukan test tanpa harus melepaskan power supply dari casing. Siapkan seutas kabel kecil dan kupas kedua ujungnya. Dalam foto, saya menggunakan isi kabel jaringan (UTP), anda bisa menggunakan kabel apa saja yang mudah ditemukan.
  3. Kembali ke power supply, ambil konektor ATX POWER 20 +4 pin dari power supply yang akan di test. Ini adalah konektor utama yang menancap di mainboard, ditulis 20+4 karena yang 4 pin bisa dipasang atau dilepas sesuai type mainboard yang anda gunakan walaupun saat ini umumnya semua mainboard menggunakan 24 pin bukan 20 pin.
  4. Temukan kabel berwarna hijau, masukkan kawat yang sebelumnya disiapkan pada pin kabel warna hijau, ujung kawat yang lain masukkan ke pin kabel warna hitam. Karena kabel berwarna hitam jumlahnya banyak, anda bebas memilih kabel mana saja.                                                                     
  5. Hubungkan power supply dengan listrik PLN. Dalam foto saya melakukan test dengan melepaskan power supply dari casing. Langkah 4 dan 5 dapat dibalik, saya sendiri selalu melakukan langkah 5 sebelum 4. Bagi mereka yang masih takut-takut biasanya akan memilih langkah 4 dulu baru 5, padahal test ini tidak berbahaya. Paling-paling kesetrum.. (he..he..)    
  6. Oke, jika sampai langkah 5 anda melihat kipas pada power suplly berputar, artinya power supply masih hidup dan masih berfungsi. Sebaliknya jika kipas power supply tidak bergerak maka anda sudah menemukan penyebab kematian komputer anda.
Walapun jenis kerusakan power supply sebenarnya beragam, beberapa kasus misalnya diakibatkan oleh fuse (sekring) yang rusak dan dapat diganti dengan servis ringan. Beberapa kerusakan lainnya dapat sangat parah dan anda harus menyiapkan anggaran untuk membeli power suplly yang baru (PSU saya pernah “meledak” dan hangus karena dijadikan penginapan cicak).
Jika setelah melakukan pengujian ternyata PSU masih hidup maka penyebab kematian komputer anda bukan karena serangan jantung, tinggal 2 kemungkinan yang tersisa. Bagaimana mengetahuinya? Tunnggu tulisan berikutnya..

7 komentar:

  1. kalau merk compaq model 5201-4c kok ndak bisa ya..?padahal kalau ditancapkan di mobo nyala tapi ditest spt kabel hijau dan hiatm kok ndak bisa.Bisa bantu nggak penyebabnya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PSU biasa warna hijau untuk power on dan hitam groud. Untuk PSU 5201-ac warnanya berbeda gan, cek dengan multimeter. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  2. bro mau tanya nih, komputerku kalo pake PSU 450W mati tp kl pake 400W nyala itu penyebabnya apa yah? sedangkan PSU yg bagus kan kl W semakin tinggi #minta solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Pengalaman, jenis generasi komputer (PI, PII, PIII, PIV dst) memiliki karakteristik PSU yang berbeda, mungkin PSU 450 W, yang dipasang tidak sesuai dengan jenis komputernya (asupan voltase tiap pin). Sehingga perlu di cocokkan kembali voltasi pin antara 2 PSU... bukan pada besar kecilnya voltase. ... demikian jawaban saya .. mohon maaf kalau masih kurang berkenan :)

      Hapus
  3. Gan saya ngecek psu seperti itu , eh psunyq malah meledak itu gimana ya?

    BalasHapus
  4. gan mau tanya nh,kenapa konektor 4.pin di colokin ke maentboard kipasnya mati.kalo di lepas lagi kabel konektor 4.pinnya hidup semua kipasnya.mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  5. gan mau tanya nh,kenapa konektor 4.pin di colokin ke maentboard kipasnya mati.kalo di lepas lagi kabel konektor 4.pinnya hidup semua kipasnya.mohon bantuannya gan

    BalasHapus