Senin, 05 September 2011

Membuat Jaringan Wifi ke LAN

Mungkin saya dan anda mempunyai pemikiran yang sama, manakala laptop dapat menangkap wifi yang bebas, ada keinginan pc kita  bisa menggunakan fasilitas tersebut tanpa harus membeli access point. Sementara ada beberapa pc di rumah yang selama ini menggunakan modem kartu yang mempunyai batas akses rendah, atau menggunakan kuwota terbatas. Dari hal itulah semalam saya coba utak-utik sambungan, dan alhamdulillah saat ini saya bisa online dari PC dan laptop bersama-sama.
Saya pikir, rasanya sayang fasilitas bebas kok tidak dimanfaatkan (kebetulan sebelah rumah adalah SMA yang Hotspotnya 24 jam tanpa password, enggak nyolong lho... wong SMA dimana tempat saya bekerja kok  he..he.... kalau numpang sih iya .... :)


Ah... udah deh.... dari pengalaman itu saya share kepada para sahabat barangkali bermanfaat.
Baiklah, ternyata caranya sangat sederhana :1.  Siapkan Laptop anda, dan cek, apakah sudah benar-benar bisa online apa tidak. Jika sudah bisa, berarti anda bisa menggunakannya.
2.  Cek status / IP Address dari laptop anda, jika milik saya adalah 192.168.0.49, untuk IP ini tidak bebeda jauh, hanya digit belakang (49) yang perlu anda perhatikan. Setelah itu catat ip tersebut, nanti kita gunakan untuk menyambung.
3.  Buka Setting --> Network Conections dan klik kanan pada Local Area Network --> Propertis
4.  Ubah pada Propertis -->  Internet Protocol TCP/IP sebagai berikut  :

4.  Kemudian pasang kabel LAN, antara Laptop dengan PC, atau jika untuk komputer banyak, silahkan anda menggunakan HUB untuk terminal. Namun untuk 1 PC langsung saja sambungkan ke Ethernet Char PCnya.
5.  Setingan untuk PC adalah, buka pada Setting --> Network Conections, klik kanan --> propertis pada Local Area Network, dan buat setingan seperti ini :
6.  Perhatikan koneksi LAN nya, apakah sudah nyambung benar atau tidak.
7.  Untuk lebih meyakinkan anda, buat sebuah Workgroup yang sama antara keduanya (Laptop dan PC)
     Caranya : buka Windows Exprolere,  Klik Kanan pada My Computer --> Properties. Klik Tab Computer Name --> Change, dan ganti misal  untuk laptopny  sebagai berikut :

dan untuk PCnya misal sebagai berikut :
     Setelah itu masing-masing direstart.

8.  Kemudian masing-masing membuat share folder, caranya, buka windows explorer, klik kanan pada share Document --> properties --> Tab Sharing atur seperti ini :
Setelah itu anda OK, dan kita cek, apakah masing-masing komputer (Laptop dan PC) dapat membaca dokumen share masing-masing? Caranya buka pada Windows Explorer --> anda perhatikan  My Network Place seperti gambar di bawah ini  :
Jika suda terbaca seperti gambar di atas (Document on Laptop adalah data share laptop dan Document on PC adalah data share dari PC), berarti antara keduanya sudah terhubung dengan baik.
9.  Terakhir, buka pada Laptop anda, klik Start --> Setting -->Network Conections -->  klik kanan Pada Wireless Network Conection --> Bridge Connections.
(Catatan : bridge akan bisa dibuat jika kondisi lan memang benar-benar nyambung ke PC/HUB)
pada proses bridge ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 menit, anda tingggal next 2 dan seterusnya sampai selesai.

Jika proses udah sesuai prosedur, coba buka PC anda, dan buka Mozila, Google Crome, Opera, atau apa saja, dan hasilnya PC anda sudah bisa menikmati wifi tanpa alat wifi.....

Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar